Friday 4 August 2017

Penderita hipertensi wajib jauhi makanan ini

Penderita hipertensi wajib jauhi makanan ini,- pola makan adalah aturan yang pertama yang harus di patuhi penderita tekanan darah tinggi. Sebab jika penderita hipertensi tetap makan sembarangan, tekanan darah bisa semakin meningkat dan memicu penyakit lain.

Lantas makanan apa saja yang wajib di jauhi oleh penderita hipertensi?

Lemak
Konsumsi lemak berlebihan memicu obesitas yang berujung pada resiko tekanan darah tinggi. Lemak, khususnya yang jenuh, biasa di temukan pada makanan gorengan, mentega, dan margarin.

Sementara itu, anda tetap bisa memenuhi kebutuhan lemak baik melalui minyak jaitun. Lemak baik akan membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Gula
Gula dan pemanis lain seperti yang di temukan pada kue atau permen bukan cuma mengganggu tekanan darah, tetapi juga meningkatkan risiko obesitas.

Melalui penelitian, para ahli menyampaikan jika penderita obesitas yang suka mengkonsumsi gula, memiliki kecenderungan mengalami tekanan darah tinggi. Maka dari itu anda perlu menjauhi gula dan pemanis lainnya.

Produk roti
Makanan berikutnya yang wajib di jauhi penderita hipertensi adalah produk roti. Pasalnya produk roti penuh dengan lemak jenuh dan garam berlebihan.

Jika anda susu produk roti, lebih baik memasaknya sendiri daripada membelinya di toko. Dengan memasak sendiri, Anda bisa mengontrol kandungan lemak, garam, serta bumbu lainnya yang di gunakan.

Makanan kalengan
Demi mencegah peningkatan tekanan darah, makanan kalengan juga sebaiknya dibatasi. Sebab hampir sama seperti makanan olahan, makanan kalengan juga mengandung garam yang cukup tinggi.

Meskipun makanan dalam kaleng itu adalah buah dan sayur, tetap kurangi konsumsinya. Lebih baik menikmati sayur dan buah dalam bentuk segar.

Makanan olahan
Seiring berjalannya waktu. semakin banyak makanan olahan yang bisa didapatkan dengan mudah oleh konsumen. Makanan olahan memang praktis dan bisa langsung dihangatkan atau dikonsumsi. Padahal bahan kimia dan garam di dalamnya sangat banyak.

Tidak punya waktu memasak adalah salah satu alasan banyak orang memanfaatkan makanan olahan. Jika Anda juga mengalaminya, sebaiknya masak makanan dalam jumlah besar. Sehingga untuk waktu makan berikutnya, Anda bisa menghangatkan kembali makanan.

No comments:

Post a Comment